Berlian Archduke Joseph 76 karat Terjual Rp200 Miliar


Salah satu berlian yang paling dikagumi di dunia terjual dengan harga lebih dari 21 juta dolar Amerika Serikat atau Rp199,5 miliar dalam sebuah lelang. Berlian Archduke Joseph - 76 karat, digambarkan sebagai kesempurnaan, yang berasal dari tambang terkenal di India Golconda.

Berlian ini terjual kepada penawar yang tidak disebutkan namanya dalam lelang di rumah lelang Christie di Genewa. Harga penawaran pertama berlian ini diperkirakan 15 juta dolar AS, lebih mahal dari harga yang dicapai dalam penjualan pada 1993, yaitu 6,5 juta dolar AS.

"Ini merupakan rekor dunia bagi sebuah berlian dari Golconda dan rekor harga dunia per karat bagi berlian tanpa warna," kata Francois Curiel, Direktur Departemen Perhiasan Internasional di rumah lelang Christie, kepada wartawan.

"Pasar tidak dalam kondisi terbaik pada saat ini. Penjualan malam ini sangat mengherankan," kata Curiel. Penjual berlian, American jeweller Black, Starr & Frost, mengatakan mereka pikir itu akan "dibawa ke museum", seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Pakar di Christie, Jean Marc Lunel, mengatakan Archduke Joseph merupakan hadiah karena memiliki bentuk, warna dan kejernihan dengan kualitas tertinggi yang dapat ditemukan dalam sebuah berlian.

Berlian ini berasal dari tambang emas Golconda, yang terkenal menghasilkan berlian asli jenis Koh-i-Noor dan blue Hope. Namanya diberikan setelah Archduke Joseph August of Austria, seorang pangeran Hungaria keturunan Hapsburgs, dilaporkan mendepositokan ke bank pada tahun 1933.

"Tiga tahun kemudian terjual kepada bankir Eropa, dan disimpan di Prancis, terkunci di dalam kotak deposit, dan tidak diketahui keberadaannya selama masa Perang dunia Dua," seperti disampaikan oleh rumah lelang. Beberapa dekade kemudian, berlian itu muncul dalam lelang pada 1961 dan kemudian di rumah lelang Christie pada November 1993.

 Sumber: MetroTV News
Previous Post Next Post